Suatu halaman web akan dianggap menarik oleh robot-robot search engine tersebut bila memiliki topik tertentu yang dapat dilihat dari relevannya judul yang digunakan, deskripsi mengenai website, isi website beserta kata kuncinya dan adanya referensi dari website lain mengenai website Anda.Hal-hal itulah yang membuat sebuah website dianggap optimal oleh sebuah search engine. Semakin optimal sebuah website di mata search engine, maka peringkat pencarian website Anda juga akan semakin tinggi.
SEO dibutuhkan di sini karena website Anda nantinya akan bersaing dengan jutaan website lain di seluruh dunia untuk dapat masuk peringkat teratas dalam daftar pencarian. Jutaan orang di seluruh dunia memanfaatkan search engine untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Bila berdasarkan kata kunci tertentu website Anda sering berada di halaman depan, maka akan lebih banyak orang yang menemukan website Anda dan memperbesar kemungkinan para netters mengunjungi website Anda. Sebetulnya tujuan SEO sangat sederhana, yaitu untuk menarik pengunjung baru ke website Anda, membuat website Anda lebih mudah ditemukan dan mencoba memberikan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung dengan apa yang ditawarkan di website kita.
Search engine dapat dianggap sebagai biro iklan di dunia maya yang akan mempromosikan halaman-halaman dalam sebuah website dengan kata kunci tertentu. Oleh karena itu, SEO sangat diperlukan oleh sebuah website agar dapat dipromosikan lebih gencar lagi oleh sebuah search engine. Dengan gencarnya promosi yang dilakukan, maka akan lebih banyak lagi orang yang mengetahui website anda serta diharapkan bisa menambah customer baru seperti yang Anda inginkan
- SEO Masih Menjadi TOP Taktik Digital Marketing Terbaik 2011
Tahun 2010 sebentar lagi berakhir. Apakah kita sudah puas dengan pencapaian kampanye digital marketing yang telah kita lakukan di tahun ini? Lalu rencana digital marketing apa yang akan Anda terapkan tahun depan? Berdasarkan polling yang dilakukan oleh beberapa perusahaan online marketing besar, terdapat sebuah kesimpulan yang bisa diambil. Ada 3 online marketing channel dan taktik yang bisa Anda terapkan di 2011. Apa saja? Jawaban teratas bukan social media dan bukan pula email marketing. Melainkan: Taktik digital marketing terbaik untuk 2011 adalah Search Engine Optimization. Polling tersebut menghadirkan 44 jawaban berbeda yang bisa dipilih oleh peserta, mulai dari display advertising hingga spam. Lebih dari 200 pembaca berpartisipasi pada proses jajak pendapat tersebut. Saat banyak pertanda yang menjadi indicator bahwa budget marketing mulai pulih setelah digempur krisis financial global tahun lalu, banyak pelaku pemasaran yang masih focus untuk merencanakan langkah-langkah dan strategi marketing secara online yang paling efektif dan efisien untuk tahun 2011.Kita berharap agar respon yang didapat dari jajak pendapat tersebut dapat membantu mereka (pelaku marketing) untuk menentukan pilihan kemana rencana budget dan strategi marketing mereka di alokasikan tahun depan.
Respon terbesar pada survey tahun ini merefleksikan pandangan terhadap analisis secara keseluruhan termasuk pencarian (search), social media, iklan (advertising), konten dan surel alias email. Saat social media marketing terus mendapatkan exposure dan mendulang perhatian dari berbagai media serta perusahaan-perusahaan (yang bersedia menambah budget untuk investasinya- $1.2 milyar di 2011, Forrester), search marketing (PPC dan SEO) terus berada di puncak share digital marketing ($20.7 milyar di 2011, Forrester).
Pemain baru yang masuk ke dalam daftar 10 teratas tahun ini adalah content marketing yang merupakan refleksi dari peningkatan kesadaran akan pentingnya menyediakan sesuatu yang lebih dari sekedar produk atau layanan dan keuntungan untuk pelanggan agar mereka tertarik untuk membelinya. Konten adalah perekat di antara SEO dan Social Media. Konten kerap menjadi sumber interaksi sosial di dunia online dan konten juga dapat di-share dan di-link, sehingga mendongkrak visibilitas yang berhubungan dengan pencarian (search). Jangan terkejut jika nanti Anda melihat Content Marketing akan melonjak naik di daftar peringkat tahun depan. Berdasarkan laporan Content Marketing Spending yang dilansir Junta42, 59% pelaku marketing yang disurvey berencana untuk meningkatkan budget content marketing.
Beriklan lewat Pay Per Click dan Social Media memang cukup bagus, namun sangat tergantung kepada budget. Mungkin bisa dianalogikan seperti topik dari sebuah Online Marketing Blog yang kurang focus kepada iklan (advertising) ketimbang Search Marketing, Social Media, Content Marketing dan Online PR. Camkan, hasil dari polling ini yang merupakan refleksi dari perhatian 232 responder bukan cerminan untuk digeneralisasi secara lebih luas. Namun, bisa menjadi masukan yang sangat berarti. Mengingat Online Marketing Blog kerap dinilai baik sebagai sebuah blog pemasaran dan memiliki pembaca yang signifikan dalam komunitas pemasaran.
- 10 Tips Menulis Konten Untuk SEO
Perihal KontenApapun yang Anda tulis, camkan bahwa tulisan tersebut berpotensi untuk menjangkau audience yang lebih besar dan akan medatangkan keuntungan bagi perusahaan di luar benefit SEO. Blog, artikel dan konten on-site merupakan kesempatan untuk dikaitkan dengan perusahaan. Jadi tulislah informasi yang menarik tentang bisnis perusahaan Anda. Sebuah topic menarik yang ditulis dengan baik juga digemari orang dan akan dishare kepada orang lain sehingga akan mengembangkan page rank.
Tulis Judul Yang Sedikit Provokatif
Provokatif di sini bukan provokatif dengan konotasi negative. Namun tulislah judul yang mampu memaksa pembaca untuk masuk ke dalam artikel tersebut. Ketimbang menggunakan judul yang membosankan, lebih baik Anda menulis judul menarik yang menyiratkan sisi artikel, jangan lupa untuk memasukkan keyword ke dalam judul.
Tetap Pada Topik
Memang mudah menulis berdasarkan topic, namun jangan sampai Anda terlena dan focus penulisan menyebar kemana-mana. Camkan bahwa saat ini Anda sedang menulis untuk bisnis dan bukan personal blog. Sesekali boleh Anda memasukkan sedikit opini pribadi dalam tulisan, namun Anda tetap harus focus pada topic yang sedang Anda tulis.
Panjang Kata Kunci Ideal dan Padat
Untuk konten website dan artikel off-site untuk directory submission, konten bisa ditulis dengan panjang 3 sampai 1.000 kata. Panjang dari artikel Anda akan menentukan jumlah keyword yang Anda pakai: Anda harus menggunakan keyword untuk setiap 50 – 100 kata dalam sebuah konten.
Jangan Menumpuk Keyword
Sebagian orang menjejalkan keyword artikelnya dalam satu seksi di permulaan artikel. Hal ini tampaknya tidak professional karena semua linked keyword akan bekerja di dalam halaman. Sebarkan keyword ke seluruh artikel agar lebih terlihat organic.
Masukkan Keyword Ke Dalam Bio
Apapun yang Anda lakukan, baik menulis cerita untuk sebuah majalah atau men-submit artikel untuk online directory, Anda mendapatkan peluang untuk menambahkan informasi biographical. Inilah kesempatan Anda untuk memasukkan unsure-unsur optimasi. Pastikan Anda memasukkan satu kata kunci di dalam bio.
Jangan Berlebihan Menggunakan Tag
Menggunakan cukup tag untuk konten Anda akan menunjukkan kepada Google dan mesin pencari lain bahwa artikel tersebut ditulis secara professional dengan kerangka yang baik. Pastikan Anda menggunakan h1 tag untuk judul dan h2 tag untuk subjudul.
Gunakan META Description
Anda harus memastikan bahwa artikel yang sedang Anda tulis memiliki META descriptions-setidaknya 150 karakter description konten-yang sesuai dengan keyword. Memasukkan META description adalah cara terbaik agar Google mengenali konten Anda.
Tulis Konten Yang Orisinil
Search engine akan menghukum situs Anda jika mencontek dan menduplikasi konten yang sudah ada sebelumnya. Pastikan bahwa konten Anda segar, baru dan orisinil ketimbang hanya meng-copy and pasting konten dari sumber yang sudah ada.
Pilih Gambar Yang Relefan
Menggunakan gambar yang eye-catching dan berhubungan dengan konten Anda akan menarik perhatian pembaca. Anda dapat menggunakan Creative Common search tools seperti yang ada di http://www.bad-neighborhood.com/creative-commons-image-search.htm untuk menemukan gambar menarik yang bisa Anda gunakan secara gratis tanpa resiko hak paten.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar